Thursday 6 March 2014

Batagor

Asal muasal Batagor, Batagor berasal dari bandung dengan mengadaptasi gaya Tionghoa-Indonesia dan kini sudah menyebar hampir di seluruh Indonesia. Batagor memang paling pas jika di padukan dengan saus sambal kacang, dan dipadukan dengan lainnya, makanan yang di buat berbahan dasar terigu ini hampir seperti bakwan dan campuran beberpa bumbu penyedap, lalu di lapisi dengan kulit pangsit yang membuat makanan ini menjadi terlihat lebih menarik dan renyah.

Saat anda berkunjung ke kota bandung sana, anda akan menemukan beberapa tukang dagang batagor yang mayoritasnya disana, berbagai kreasi orang yang menjualnya batagor di buat sedemikian rupa dan beberapa mungkin ada yang di tambahkan supaya menjadi makanan yang enak dan nikmat untuk di kunyah dan walapun makanan ini enak, tapi tidak kenyang kalo beli hanya seporsi karna makan ini dedikasikan memang untuk cemilan, adapun untuk lauk mungkin harus di tambahkan campuran, seperti nasi, lontong, ketupan, dll.

Makanan ini biasanya akan mendapatkan beberapa tambahan warna dari penampilan warnanya, jika ada beberapa komponen yang di tambahkan, membuat cita rasa makanan ini semakin berwarna tentunya, dan akan lebih enak jika di makan dalam keadaan pikiran santai dan tenang, karna ada beberapa hal yang akan menahan kenikmatannya jika kita memakananya dalam keadaan yang kurang baik atau banyak pikiran hehe.

tidak ada yang memhami unsur dari adanya makanan batagor, karna dalam segi kesehatan memang tidak ada yang mengandung unsurnya, mungkin makanan ini hanya untuk menjaga kabohidrat saja dalam menjaga kesetabilan tubuh untuk berkatifitas.

 Bahan-Bahan Untuk Membuat Batagor






    250 gr ikan tenggiri, haluskan
    250 ml air es
    250 gr tepung kanji
    2 batang daun bawang, iris tipis
    2 batang seledri, iris tipis
    3 siung bawang putih, cincang halus
    ½ - 1 sdt garam
    ½ sdt merica bubuk
    6 buah tahu putih, potong sesuai selera
    8 lembar kulit pangsit
    minyak secukupnya (untuk menggoreng)

Resep Batagor | Cara Membuat Batagor

Bahan-Bahan Untuk Membuat Saus Kacang:

    300 gram kacang tanah goreng
    2 buah cabai merah
    5 siung bawang putih
    100 gram gula merah
    400 ml air matang

Cara Membuat Saus Kacang:

    Haluskan semua bahan menggunakan blender.
    Masak dengan api sedang hingga mendidih dan bumbu mengental

Cara Membuat Batagor:

    Campur ikan dan air es, uleni sampai adonan tercampur rata. Tambahkan tepung kanji, daun bawang, seledri, bawang putih, merica dan garam, aduk rata. Bagi adonan menjadi 3 bagian masing-masing utk isi tahu, isi pangsit dan satu bagian untuk bakso.
    Potong diagonal masing-masing tahu menjadi 2 bagian (bentuk segitiga). Lubangi potongan tahu ditengahnya, sisihkan remah-remahnya. Campurkan adonan untuk isi tahu dengan remah-remah tahu, lalu isikan adonan tersebut ke dalam tahu. Lakukan hingga semua tahu terisi, sisihkan. Ambil selembar kulit pangsit isi dengan adonan ikan, satukan ujung-ujungnya ke atas, hingga sisi-sisinya saling merekat. Lakukan hingga kulit pangsit habis, sisihkan.
    Panaskan minyak goreng yang banyak dalam wajan, goreng tahu isi dan pangsit hingga kuning kecoklatan, angkat, tiriskan, sisihkan.
    Ambilkan sisa adonan ikan, bentuk dengan bantuan 2 sendok, langsung masukkan ke dalam minyak panas. Goreng hingga kuning kecoklatan, angkat, tiriskan, sisihkan.
    Taruh tahu isi, pangsit dan bakso goreng di atas piring saji, biarkan utuh atau potong-potong, tuang saus kacang di atasnya. Hidangkan dengan saus cabai dan kecap manis, lalu beri perasan air jeruk limau.

Untuk menjaga kenikmatan batagor ini, makan lah secukupnya kenyang perut anda, karna jika berlebihan akan membuat badan gemuk juga, di karnakan kebanyakan tukang batagor menggunakan minyak sayur pada bumbu batagor hingga menghasilkan lumayan lemak jenuh.

Dan biasanya pula, di batagor nya juga masih ada beberapa minyak yang terkandung karna sifat batagor saat digoreng menyerap minyak untuk jadi matang, menghasilkan lemak jenuh yang berpotensi membuat kegemukan pada badan.

Semoga bermanfaat, dan selamat berburu batagor rasa nikmat yang akan kamu temui :)



0 comments:

Post a Comment