Thursday 6 March 2014


Somay dan batagor bandung

Somay - somay temennya batagor sama sama dari bandung, iya benar sekali mungkin somay dan batagor ini tidak beda beda tipis, mulai dari penampilan dan cara pembuatan, sama sama terbuat dari ikan, benarr sekali..


mungkin batagor somay dan otak-otak itu masih sodaraan ya waktu penemuannya juga tidak jauh jauh berbeda, karna cara pembuatannya berbahan dasar yang sama, yaitu ikan tenggiri, dan cara penyajian, penampilannya juga sama, karna berbahan dasar sama, makan rasanya pun juga hampir sama, apa bedanya ?
terkadang yang menjula batagor pun pasti ada menjual somay, tapi masih ada sedikit perbedaanya, namun sangat mencolok.

dari bentuk, dan kekenyalan juga beda, somay di kukus sedangkan batagor di goreng, pasti memiliki perbedaan rasa yang sedikit namun jika di telusuri dan dirasa sekali, akan terasa perbedaanya.

walapun sama sama menggunakan bumbu kacang yang sama, somay memiliki tekstur yang halus di banding batagor, makanan ini sangat enak di santap ketika mulut sedang tidak bisa menerima makanan keras, ya bisa di bilang lembut makannya, tidak menggores dan tidak akan tertinggal di gigi, tergantung pembuatnya somay nya sih, tapi sebenarnya somay seperti itu.


penampilanny bisa berbeda dari wanrnanya saat di selimuti oleh bumbu kacang, sebenarnya harus ada perbedaan dari bumbu kacangnya juga sih.

biasanya makanan imut ini, sering di jual sama abang abangnya menggunakan sepeda dan bermuatan panci yang lumayan besar, untuk menampung isi nya, dan isinya ialah somay dan beberapa menu lainnya yang nantinya akan di campurkan dengan somay membuat rasa somay menjadi beraneka ragam, menu yang selain somay di antara lain ada telur, kol, pare, kentang, tahun kulit isi somay, tahu puith polos isi somay, tidak diragukan lagi menu tambahan itu akan membuat memakan somay menjadi semakin sempurna,

Jika batagor tidak membuat sehat, lain dengan somat, beberapa menu tambahan dari somay akan membuat sehat badan anda, karna sedikitnya ada beberapa sayuran yang terkandung dalam menu somay sempurna, adapun tingakt enaknya, itu sudah tidak di ragukan lagi, untuk orang yang mencobanya akan ketagihan.



Video membeli somay.

Resep membuat somay :

Beberapa dari bahan yang dibutuhkan sebaiknya menggunakan bahan yang masih segar karena siomay bandung menggunakan bahan utama berupa ikan. Jika tidak segar maka tidak bisa terjamin rasanya enak. Berikut cara membuat siomay bandung.
Bahan untuk membuat siomay Bandung:
 Udang segar sebanyak 200 gram
 Daging ikan tenggiri yang telah dihaluskan sebanyak 250 gram
 Tahu putih sebanyak 4 buah, dipotong menjadi 4 bagian dan buang tengahnya
 200 gram daging ayam
 4 butir telur ayam rebus, kupas kulitnya dan bagi menjadi dua
 4 buah kentang kecil yang sudah dikukus lalu potong menjadi dua bagian
 20 lembar kulit pangsit siap pakai
 4 butir telur dikocok lepas
 250 gram tepung kanji
 2 buah pare
Bahan bumbu untuk membuat siomay:
 1 ½ sdt garam
 1 ½ sdt gula
 1 ½ merica
 5 butir bawang merah, haluskan
 6 ½ siung bawang putih, haluskan
 2 ½ sdm kecap ikan
Bahan untuk membuat sambal kacang:
 550 gram kacang tanah yang sudah digoreng
 1 ½ sdm gula pasir
 1 ½ sdm kecap manis
 1 ½ sdm garam
 11 siung bawang merah dipotong menjadi 2 bagian
 6 siung bawang putih dipotong menjadi 2 bagian
 13 buah cabai merah yang besar, potong 3 bagia
 400 ml air
Bahan tambahan:
 2 ½ buah jeruk limau potong 2 bagian
 saus sambal
 kecap manis
Cara membuat siomay:
  • Masukkan udang cincang, ikan tenggiri, dan ayam
  • yang semuanya sudah dicincang halus. Lalu masukkan telur, kecap ikan, garam, gula, bawang putih dan merah, lalu tambahkan juga merica bubuk. Aduk semuanya hingga rata

  • Setelah diaduk rata lalu masukkkan tepung kanji setengah saja. Aduk adonan sampai kalis.


  • Masukkan sisa tepung kanji tadi lalu aduk lagi sampai benar-benar rata. Sisihkan sebentar.



  • Selanjutnya adalah membungkus adonan tersebut dengan kulit pangsit. Ambil satu lembar kulit pangsit lalu letakkan di atas tangan. Beri adonan yang dibuat tadi sebanyak satu sendok ke dalam kulit pangsit lalu tekan bagian atas kulit pangsit dengan menggunakan sendok. Sisihkan. Lakukan seperti itu terus dan sisakan adonan untuk lainnya.



  • Selanjutnya adalah membuat adonan pada tahu yang sudah dilubangi tengahnya. Masukkan adonan siomay ke dalam tengah tahu. Tekan-tekan hingga padat.



  • Untuk pare sama seperti dengan tahu. Pare yang sudah dilubangi tengahnya dimasukkan adonan siomay dan tekan sampai padat.



  • Lalu kukus siomay, tahu dan pare tadi di dalam panci kukusan. Kukus selama kurang lebih 45 menit.



  • Jika sudah matang, angkat dan tiriskan.



  • Untuk membuat bumbu halusnya, semua bahan dihaluskan dengan menggunakan blender. Lalu masukkan kacang tanah yang telah digoreng bersama dengan bawang putih, bawang merah, air, garam, cabai merah, gula pasir, dan juga kecap. Haluskan semua bahan tersebut dnegan blender sampai benar-benar halus.



  • Masak bumbu kacang tersebut ke dalam wajan dan tuang air sambil diaduk sampai larut. Saat memasak bumbungya, aduk terus jangan sampai hangus dengan api sedang sampai bumbu kacang sedikit menyusut. Sampai mengental dan berminyak. Lalu matikan api jika sudah. 

  • Sajikan siomay, tahu, pare yang sudah dikukus tadi di piring dan siram dengan bumbu kacang. Tambahkan jeruk limau bila mau dan tambahkan saus dan kecap sesuai selera.


  • Siomay bandung siap disantap.
  • Siomay bandung enak disantap saat masih hangat. Cocok untuk menemani anda bersantai saat sore hari. Jajanan khas bandung ini juga terjangkau harganya. Anda bisa tidak memakai pare jika anda tidak suka. Bisa dengan telur rebus atau kentang kukus sebagai gantinya. Atau bisa menambahkan dengan kol yang sudah digulung kecil-kecil dan dikukus.
    Resep siomay Bandung ini bisa dicoba di rumah sebagai selingan.

    Selamat mencoba, semoga bermanfaat :)

    0 comments:

    Post a Comment