Sunday 16 March 2014

Unagi

Unagi adalah nama hewan yang berasal dari jepang yang memiliki banyak vitamin dan khasiat karna kepercayaan orang jepang terhadap hal itu, dan sudah di buktikan.


 "Banyak yang bilang kalau unagi itu belut, padahal salah. Yang betul, adalah unagi itu adalah sidat," kata Chef Bobby Perdana Kusuma dari Sakura Resto kepada saya ketika ditemui di Sakura Resto, TB Simatupang, Jakarta-selatan

Ditegaskannya, daging belut tidak bisa diolah mentah karena tekstur dagingnya lebih cocok untuk digoreng untuk kemudian dibumbui cabai hijau atau bumbu lainnya sesuai selera.

"Sidat memiliki daging yang lembut, untuk dijadikan unagi akan berbeda hasilnya. Saat dibakar, daging belut tidak menyerap saus, beda dengan sidat," katanya

Perbedaan mendasar antara belut dengan sidat juga bisa terlihat dari tempat hidup, anatomi tubuh, penganan, dan lainnya. Ini menjadikan keduanya berbeda pada tekstur daging juga kecocokannya untuk diolah pada menu tertentu. Chef Bobby menambahkan, belut sukar diolah menjadi unagi lantaran tidak bisa menyerap air.

"Untuk membuat sausnya, digunakan soyu, sake, mirin, dan tulang sidat. Caranya, kepala sidat dibelah kemudian dikeringkan sedangkan isi perut dibekukan, bisa dibuat sate,”tuturnya.


 Di dalam makanan unagi selain enak dan mantap rasanya, sudah pasti sehat dan terdapat banyak kandungan yang di perlukan untuk tubuh manusia.
vitamin B1, vitamin B2, dan vitamin A masing-masing adalah 25 kali lipat, 5 kali lipat dan 45 kali lipat susu sapi, kandungan zinc (emas otak) merupakan 9 kali lipat susu sapi. 

Unagi ini juga sudah menjadi makanan musiman di jepang yang biasa di bilang dengan doyou-no ushi-no hi  ini adalah hari yang di namankan oleh orang jepang yang dimana hari itu datang saat saat musim panas dan orang jepang itu segera memakan unagi untuk bertahan di musim panas, entah kepercayaan dari mana tapi itu yang di lakukan oleh orang jepang.



Cara membuat Unagi bagi ingin yang mencobanya, rasakan nikmatnya makanan dari jepang ini, yang di budayakan oleh orang jepang. 
 selamat mencoba

SEMOGA BERMANFAAT 

2 comments: