Saturday 11 April 2015

Asinan Betawie

Hmmm siapa yang gak tau sih zaman sekarang ini makanan yang khas dari betawie ini, Asinan, asinan makanan seru enak ini berasal dari salah satu suku yang bisa kita temui banyak di jakarta, makanan ini enak di lidah masyarakat jakarta, mungkin hanya beberapa yang masih bisa menikmati makanan ini, karna makanan ini sudah mulai susah di temukan, melihat perkembangan zaman yang semakin meningkat hingga menggeser makanan tradisional di minat para konsumen.



Asinan Betawi adalah sejenis makanan yang dibuat dengan cara pengacaran (melalui pengasinan dengan garam atau pengasaman dengan cuka), bahan yang diacarkan yaitu berbagai jenis sayuran . Asinan adalah salah satu hidangan khas seni kuliner Indonesia. Istilah asin mengacu kepada proses pengawetan dengan merendam  sayur dalam larutan campuran air dan garam.

Sajian kuliner khas betawi yang banyak disukai kaum wanita, paduan sayuran mentah, sawi asin, kubis, taoge ,potongan tahu mentah, dan kerupuk mie/kuningyang disiram oleh bumbu kacang.meramaikan cita rasa asam pedas asinan ibu kota ini.

Namun, sayang sekarang Asinan Betawi sudah jarang bisa ditemui. Di era 90-an, Asinan Betawi masih cukup mudah untuk diburu karena masih banyaknya orang yang menjajakan makanan yang identik dengan kerupuk kuning atau yang sering disebut dengan kerupuk mi ini. Pasti kangen kan dengan kesegaran dan rasa khas Asinan Betawi?


Bahan Sayuran:

½ bh kol 
¼ kg Toge
2 bh Ketimun 
2 bh Wortel
1 bh Daun Selada
1 bh Tahu uk. Besar

Bumbu yang di haluskan:

¼ kg Kacang tanah, sangrai, tumbuk halus
10 bh Cabe merah, rebus
½ ons Ebi, sangrai
¼ kg Gula merah, rebus

Cara Membuat:

Rajang-rajang semua bahan sayuran, sisihkan.

Campur semua bahan, kecuali kacang tanah. Tambahkan air secukupnya (sesuai selera) & kemudian saring.

Campurkan larutan bahan yang sudah disaring dengan kacang tanah yang telah ditumbuk halus.

Siap untuk dihidangkan (campur sayuran dengan kuah saat akan dihidangkan).

Hidangkan bersama krupuk mie kuning.


Ini adalah Video bagaimana membuat Asinan Betawie yang Maknyus !



0 comments:

Post a Comment